Tuesday 6 September 2016

Antara Garam Krosok, Ramah Lingkungan dan IRIT!



Untuk ibu-ibu seperti saya pada umumnya kata IRIT alias HEMAT adalah harga mati, ga bisa di tawar-tawar lagi. Apalagi kebutuhan bulanan seperti shampo, sabun, pasta gigi, pewangi ruangan, pembersih lantai, pewangi lantai dan detergen untuk cuci baju udah pasti menjadi kewajiban barang yang wajib di beli setiap bulannnya. 


Sering sekali suami saya protes bahwa busa alias detergen yang di hasilkan dari barang-barang tersebut sangatlah tidak ramah pada bumi kita. 

Logikanya, detergen di buang langsung ke air dan di serap oleh tanah, yang mana tumbuhan dan tanaman yang kita makan berasal dari tanah yang airnya sudah terkontaminasi oleh detergen. Dan bla,,bla,,bla,, masih panjang lagi penjelasannya yang otak saya sebagai emak-emak sulit menerima di kala penjelasan itu dibeberkan. Yang mana intinya, bahwa detergen itu tidak ramah pada bumi kita. titik.

Tapi, kalau di pikir-pikir..berapa pengeluaran kita untuk itu setiap bulannya. Minimal Rp 300.000 per bulannya untuk keperluan cuci mencuci badan sendiri dan baju. Hingga suatu saat ada seorang teman yang men-share bagaimana murahnya dia mencuci baju hanya dengan garam. Lebih irit, bersih pula. Dan budjet untuk urusan detergen ini bisa di alokasikan ke hal yang lain. WOW!  Ini nih, yang gua cari. IRIT! ahahahaha..


So, pada intinya dia yang sudah setahun mengganti detergen baju dengan garam krosok. So saya tuliskan di sini kurang lebihnya pengalaman dia selama setahun menggunakan garam krosok dalam hal cuci baju.

Apa itu garam krosok?? Garam krosok itu garam yang bentuknya kasar seperti gula batu tapi bongkahannya kecil-kecil. Bukan seperti garam halus yang sudah melewati pabrikasi. Garam krosok ini juga bisa di sebut garam kristal karena bentuknya yang menyerupai kristal.

Balik lagi ke mencuci baju, caranya dan takarannya sama saja. Hanya mengganti detergen dengan si garam krosok ini. Kenapa sih mesti garam krosok? sebenarnya garam apapun bisa saja kan sama-sama asin dan mungkin senyawa kimianya sama tetapi menurut teman saya ada misi mulia di balik penggunaan garam krosok ini. Karena garam krosok dobeli sangat murah dari petaninya. Jadi kalau kita pakai garam krosok, permintaan semakin tinggi dan semoga harga garam pun semakin baik dan meningkatkan kesejahteraan petani garam.

Terus hasilnya bersih gak? 
Hasilnya memuaskan. Baju bersih, bebas bakteri, tak meninggalkan bau apek (meski sinar matahari ga maksimal) baju relatif tidak luntur. Hasil cucian juga lembut seperti memakai softener. Hanya tidak wangi saja. Memang tidak akan ada bau harum ketika baju selesai dicuci. Tapi yakin deh, baju kita sama bersihnya kalau dibandingkan dengan dicuci pakai deterjen. Hanya perlu sedikit mengubah sudut pandang kita, bersih tak selalu butuh wangi.

Dan yang paling utama: murah (Eaaaa!!!) mudah dan membantu mengurangi polusi. 

Trusss ada yang tanya emang ga rusak mesinnya? (Kalo pakai Mesin cuci)
Gini kita pake logika panci.. Kita masak sayur pasti pake garem dong? Kl emang iya karatan hrusnya tiap bulan ganti panci udah jd rutinitas kita.. Tp kan nyatanya enggak.. Kenapa?? Soalnya kan abis nyuci pake garam ada proses pembilasan... Iyaa tohh...Dan manfaat garam itu ternyata buat bersih2 dan ngusir bau itu emang juaranya.. 

Caranya gimana??

garam
sumber foto

Detail cara nyuci pakai garam krosok sama aja kaya kita cuci pakai detergen, untuk satu tabung mesin cuci kira-kira pakai 3 sendok makan garam krosok. Kalo mau lebih bersih maksimal di rendem dulu aja kira-kira 5-10 menit deh.  Terus cuci deh. Udah gitu aja kok...iya sama saja dengan kalau kita cuci dengan deterjen.

Untuk noda agak bandel, tempelkan garam langsung pada pakaian basah, biarkan sekitar 5 menit, kucek.Nah, mudah dan murah kan. Ramah lingkungan pula. Buat kalian emak-emak irit seperti saya, patut di coba deh cuci baju dengan garam krosok ini. Yang kesusahan cari garam krosok karena semakin langka, bisa juga kok saya bantu pengirimannya. 



garam krosok, mesin produksi ,es puter ,tips membeli mesin cuci ,jual garam krosok ,jual box motor ,warung mobil bekas ,obat luka bakar ,harga garam krosok ,resep es cream ,cara buat es krim ,usaha lele ,cara bikin es krim ,bandeng presto ,budidaya ikan lele ,obat luka ,resep es krim ,budi daya ikan lele ,cara membuat es krim ,budi daya lele ,resep es puter ,cara buat ice cream ,pakan ikan lele ,usaha ikan lele ,resep membuat es krim ,cara ternak ikan lele ,cara membuat es cream ,budidaya lele ,mesin garam ,cara membuat es krim di rumah ,cara budidaya ikan lele , garam, garam krosok, cuci baju, baju, gogreen, go green, ramah lingkungan, detergen, busa, detergen baju


No comments:

Post a Comment